Tips Mempersiapkan Pesta Pertunangan

Tips Mempersiapkan Pesta Pertunangan

Sebuah pesta pertunangan membutuhkan banyak pertimbangkan dalam perencanaannya. Dari tanggal, tempat, daftar tamu undangan dan menu makanan adalah kunci dari setiap pesta pertunangan. Berikut tips mempersiapkan pesta pertunangan dari Bowbei.com

 

WHAT’S THE PURPOSE (Apa tujuannya?)

People will want to congratulate you, and, well, a party’s a lot more fun than a phone call.”

Ini adalah waktunya perkenalan antar keluarga kedua belah pihak. Selain keluarga inti, biasanya turut mengundang keluarga besar lainnya. Dapat juga turut mengundang teman-teman terdekat masing-masing pasangan. Biasanya teman-teman tersebutlah yang akan menjadi bridesmaid dan groomsmen. Sehingga momen ini lah yang mengakrabkan dan saling mengenal kebudayaan keluarga masing-masing.

 

WHOS THE HOSTS (Siapa penyelenggaranya?)

Secara tradisi, orang tua pihak wanita adalah penyelenggara pesta pertunangan ini. Hal ini dapat juga dilakukan bersama-sama antar kedua belah pihak sebagai penyelenggara. Namun, hari-hari ini, pasangan lebih memilih melakukan acara pesta pertunangan sendiri. Sehingga mereka lebih leluasa dalam mengatur acara pesta tunangan tersebut.

 

WHEN TO HAVE IT (Kapan diadakan?)

Pesta pertunangan sebaiknya dilakukan pada 6 sampai 11 bulan sebelum pesta pernikahan. Selain merupakan awal perencanaan pernikahan, Anda akan lebih fokus dalam memikirkan pesta pernikahan. Apabila pesta pertunangan dilakukan beberapa minggu atau 1 bulan sebelum pesta pernikahan, tentu akan menyita banyak waktu dan perhatian dalam merencanakan dua acara sekaligus di waktu berdekatan. Dalam mengumumkan tanggal pertunangan sebaiknya 1 sampai 2 bulan sebelum hari H, agar keluarga besar lainnya atau teman-teman terdekat dapat mengatur jadwal acara mereka / save the date.

 

WHERES THE VENUE (Dimana tempatnya?)

Bagi anda yang asal dari kota atau negara lain, biasanya mengadakan acara pertunangan ini di kota atau negara asal kelahiran. Dikarenakan orang tua dan saudara serta kerabat dekat berada di sana. Hal ini tergantung dari siapa penyelenggara acara tersebut, pihak wanita atau pihak pria atau kesepatakan kedua belah pihak dan pasangan. Ketika menetapkan lokasi acara, jangan lupa untuk memperhatikan dimana tempat pesta pernikahan diselenggarakan. Karena, anda tentu tidak akan meminta para tamu untuk melakukan perjalanan dua kali. Kebanyakan para pasangan akan melakukan pesta pernikahan beberapa kali karena keluarga dan teman-teman mereka berada di kota atau negara yang berbeda. Tergantung pada berapa banyak orang yang diundang, anda dapat membuat pesta pertunangan dimana saja. Dalam memilih tempat yang tepat, “Think about the atmosphere”. Suasana seperti apa yang diharapkan? Jika anda menyukai gagasan memiliki pesta tunangan yang lebih besar, anda butuh sewa private room atau hall di restoran atau hotel. Tetapi apabila secara sederhana, dapat dilakukan di rumah pihak wanita atau sekedar makan meja di restoran.

 

WHOS THE GUESTS (Siapa tamunya?)

Pesta pertunangan biasanya lebih intim dan private, karena umumnya dianggap tidak pantas untuk mengundang siapa saja yang tidak akan diundang ke pesta pernikahan. Dengan demikian, tidak perlu menyertakan kenalan atau rekan kerja di daftar tamu. Jika, anda berdua atau orang tua kedua pasangan sebagai host, maka mereka dan anda berhak mengatur para tamu undangan. Ketika tuan rumah mengirim undangan pesta pertunangan, itu dianggap sebagai bagian dari pesta pernikahan resmi dan tamu menganggap mereka diundang ke pesta pernikahan juga. Untuk menghindari situasi yang tidak baik di kemudian hari, mulailah melakukan daftar tamu pernikahan anda sekarang.

 

INVITATIONS, ARE NEEDED? (Apakah perlu menggunakan undangan?)

“Feel free to keep the invitation simple”. Kembali lagi pada rencana apakah pesta pertunanganan dilakukan secara formal atau sederhana. Apabila formal dan mengundang cukup banyak orang, maka buatlah undangan secara formal. Mengingat pesta pertunangan tentu orang-orang tertentu saja yang diundang. Apabila sederhana, undang lah dengan berbicara secara personal. Karena mungkin yang diundang hanya keluarga dekat saja.

 

HOWS THE DECORATION (Bagaimana dekorasinya?)

Memilih dekorasi yang tepat sesuai dengan budget dan suasana. Apabila memiliki budget lebih, Anda akan menyewa hall atau private room yang dapat didekor sesuai dengan tema atau kepercayaan. Misalkan, suku Chinese beranggapan warna merah adalah kebahagian dan warna emas adalah kemakmuran. Maka dekorasi akan dominan kedua warna tersebut. Tetapi apabila secara sederhana, ajaklah keluarga atau teman-teman dekat yang diundang untuk membantu dekorasi rumah anda. Seperti bunga, balon, pita atau hal-hal manis lainnya yang sesuai dengan warna kesukaan atau warna kepercayaan.

 

WHAT TO WEAR (Apa pakaiannya?)

Pakaian yang digunakan harus disesuaikan dengan setting-an pesta tersebut. Seperti, untuk tidak menggunakan evening gown untuk setting-an pesta dalam rumah. Sebaiknya gunakan dress semi formal. Percayalah, Anda akan tetap menawan dengan sentuhan riasan pada wajah dan pastinya senyuman. Sementara itu, pakaian apa yang sebaiknya digunakan oleh pasangan mu? Ia tidak harus memakai jas dan dasi (dan tentu saja tidak tuksedo) kecuali memang tema dan tempat pesta tersebut mengharuskan menggunakannya. Pakailah pakaian yang serasi dan senada dengan pakaian yang Anda gunakan

 

“An engagement party marks the beginning of many wonderful wedding festivities to come”

rickysilvy.com-min

Pernikahan merupakan salah satu moment paling bersejarah dihidup manusia. Segala sesuatunya harus dipersiapkan secara matang agar menjadi moment yang indah untuk dikenang.

Salah satu yang wajib dipersiapkan adalah undangan pernikahan. Kartu undangan pernikahan dengan segala keterbatasannya sudah digunakan jutaan pasangan diseluruh dunia sejak dulu.

Tapi pernahkan ada membayangkan di jaman yang modern dan serba terkoneksi ke internet, anda bisa mengundang teman-teman anda dan berbagi informasi menarik mengenai pernikahan anda lewat wedding website?

Wedding website dapat dipakai sebagai digital invitation / online RSVP, menampilkan tempat resepsi dalam bentuk google maps, share photo-photo prewedding, online guestbook, dan banyak fitur lainnya.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai wedding website? Simak video berikut 🙂

By | 2016-10-20T22:53:59+00:00 January 11th, 2016|Inspiration|